Visi Misi Pengembangan UMS dari Para Calon Rektor/Wakil Rektor

Download Visi Misi Para Calon

Jika Anda ingin mengetahui Curriculum Vitae para Calon Rektor/Wakil Rektor, silahkan untuk Login

Daftar Calon Rektor/Wakil Rektor Terpilih Tahap 1

Pada tanggal 23 November 2016, senat universitas telah melakukan eVoting tahap 1 untuk memilih/mensahkan 10 calon rektor dan 6 calon wakil rektor di setiap bidang. Berikut ini daftar nama calon rektor dan wakil rektor terpilih (urut berdasarkan abjad):

Daftar 10 Calon Rektor UMS: Ari Anshori, Khudzaifah Dimyati, MA Fattah Santoso, Muhammad Da'i, Muhammad Musiyam, Muhammad Wahyuddin, Natangsa Surbakti, Sarjito, Sofyan Anif, Syamsudin
Daftar 6 Calon WR1 UMS: Agus Ulinuha, Muhammad Da'i, Natangsa Surbakti, Sri Sunarjono, Supriyono, Triyono
Daftar 6 Calon WR2 UMS: Bambang Sumardjoko, Herry Purnama, M. Farid Wajdi, Sarjito, Syamsudin, Triyono
Daftar 6 Calon WR3 UMS: Bambang Sumardjoko, M. Farid Wajdi, Moordiningsih, Muchamad Iksan, Muhammad Wahyuddin, Taufik
Daftar 6 Calon WR4 UMS: Agus Ulinuha, Ari Anshori, MA Fattah Santoso, Sofyan Anif, Supriyono, Syamsul Hidayat

Tahap selanjutnya adalah permohonan rekomendasi (tes kompetensi AIK) ke PWM Jateng terhadap nama-nama calon terpilih.

Daftar Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor

Rektor WR1 WR2 WR3 WR4
Ari Anshori Agus Ulinuha Bambang Sumardjoko Ali Imron Al Ma'ruf Agus Ulinuha
Khudzaifah Dimyati Moordiningsih Herry Purnama Bambang Sumardjoko Ali Imron Al Ma'ruf
MA Fattah Santoso Muhammad Da'i M. Farid Wajdi M. Farid Wajdi Ari Anshori
Muhammad Da'i Natangsa Surbakti Sarjito Moordiningsih Herry Purnama
Muhammad Musiyam Sri Sunarjono Syamsudin Muchamad Iksan MA Fattah Santoso
Muhammad Wahyuddin Supriyono Triyono Muhammad Wahyuddin Sofyan Anif
Natangsa Surbakti Triyono Taufik Sri Sunarjono
Sarjito Tjipto Subadi Supriyono
Sofyan Anif Syamsul Hidayat
Syamsudin Taufik

Konfirmasi kesediaan dan kelengkapan persyaratan Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor

Proses konfirmasi kesediaan dan kelengkapan persyaratan Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor dibuka sejak tanggal 11 November 2016. Semua Bakal Calon Rektor telah mendapatkan Email kesediaan dan diwajibkan untuk meresponnya paling lambat tanggal 21 November 2016.

Progres kesediaan Bakal Calon:

  • Jml Bakal Calon: 76 orang.
  • Jml Bakal Calon yang BERSEDIA: 25 orang.
  • Jml Bakal Calon yang MENOLAK: 41 orang.
  • Jml Bakal Calon yang belum merespon: 10 orang.

Sampai saat ini ( Sept. 24, 2017, 2:51 a.m. ), Bakal Calon yang BERSEDIA dan telah melengkapi persayaratan sejumlah 23 orang.

Rapat Senat Universitas: Sosialisasi Pilrek dan Penentuan Bakal Calon

Pada tanggal 8 November 2016 telah dilaksanakan rapat Senat Universitas yang membahas syarat, prosedur, tata-tertib, dan pengusulan nama-nama Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor. Daftar nama-nama Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor yang diusulkan oleh Senat Universitas adalah sebagai berikut:

Jadwal Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UMS Periode 2017-2021
Tanggal Agenda Tempat
8 November 2016 Pembahasan syarat, prosedur, tata-tertib, dan pengusulan nama-nama Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor. Auditorium GSW Lt.7
11 - 21 November 2016 Konfirmasi kesediaan dan upload dokumen persyaratan dari para Bakal Calon Rektor/Wakil Rektor. Online melalui MyUMS
23 November 2016 Pemilihan tahap 1 oleh Senat Universitas melalui e-voting untuk mendapatkan 11 Bakal Calon Rektor dan 6 Bakal Calon Wakil Rektor per bidang. Online melalui MyUMS
24 November s.d. 6 Desember 2016 Permohonan rekomendasi ke PWM Jateng terhadap nama-nama bakal calon terpilih. Kantor PWM Jateng
7 Desember 2016 Penyampaian visi dan misi oleh Bakal Calon Rektor. Auditorium GSW Lt.7
7 Desember 2016 Pemilihan tahap 2 oleh Senat Universitas melalui e-voting di tempat untuk memilih 3 Calon Rektor. Auditorium GSW Lt.7
8 Desember 2016 Pengiriman 3 Calon Rektor ke PP/Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah. Kantor PP Muhammadiyah
TBA (Sebelum 1 Januari 2017) Pengumuman dan pelantikan Rektor baru UMS periode 2017-2021. TBA
  1. Memiliki aqidah yang lurus, integritas, loyalitas dan komitmen terhadap ideologi Muhammadiyah (yang akan dinilai oleh PWM).
  2. Telah menjadi anggota Muhammadiyah dengan dibuktikan oleh Kartu Tanda Anggota (KTA) atau surat keterangan dari Ranting/Cabang, dan pendidikan sekurang-kurangnya S2.
  3. Jabatan akademik sekurang-kurangnya Lektor Kepala untuk Rektor dan sekurang-kurangnya Lektor untuk Wakil Rektor.
  4. Tidak merangkap jabatan dengan pimpinan organisasi politik dan pimpinan organisasi lain yang amal usahanya sama dengan Muhammadiyah di semua tingkat.
  5. Memiliki visi kepimpinan.
  6. Memiliki managerial skills di era teknologi informasi dan visi pengembangan universitas berbasis teknologi informasi.
  7. Memiliki kemampuan membangun kerjasama (dalam dan luar negeri).
  8. Melampirkan CV dan 2-3 halaman essay tentang butir 5, 6 dan 7.
  1. Rektor/Ketua Senat Universitas membentuk panitia teknis untuk membantu proses pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UMS melalui SK Rektor No. 70/IV/2016 tertanggal 25 Oktober 2016.
  2. Sidang Senat Universitas pertama berupa sosialisasi syarat-syarat, tata tertib, dan tahapan pemilihan Rektor dan Wakil Rektor dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 November 2016 jam 10.00 WIB - selesai.
  3. Nama-nama yang terjaring oleh senat universitas berdasarkan rapat senat tanggal 8 November 2016 akan dikirimi email permohonan kesediaan.
  4. Konfirmasi kesediaan dan pengisian kelengkapan syarat dilakukan secara online melalui https://my.ums.ac.id/suksesi selambat-lambatnya s.d. tanggal 21 November 2016 jam 23.59 WIB.
  5. Penyaringan awal (tahap 1) dilakukan oleh Senat melalui e-voting untuk mereduksi jumlah bakal calon menjadi 11 Bakal Calon Rektor dan 6 Bakal Calon Wakil Rektor per bidang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 November 2016 jam 00:01 s.d. 23:59 WIB.
  6. Panitia mengajukan permohonan rekomendasi ke PWM Jateng terhadap bakal calon hasil penyaringan tahap 1 pada tanggal 24 November s.d. 6 Desember 2016.
  7. Penyampaian visi dan misi oleh bakal calon rektor masing-masing 3 menit dan dilanjutkan dengan pemilihan 3 Calon Rektor (tahap 2) oleh Senat Universitas dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Desember 2016.
  8. Panitia mengirim daftar Calon Rektor ke PP/Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2016.
  9. Pemilihan Calon Wakil Rektor dilaksanakan setelah rektor baru definitif.
  1. Anggota Senat Universitas harus menerima undangan paling lambat 2 hari sebelum hari H.
  2. Kuorum dipenuhi apabila setidak-tidaknya 2/3 (dua-per-tiga) jumlah anggota senat hadir.
  3. Apabila pada jam yang ditentukan kuorum belum terpenuhi, maka sidang ditunda maksimum dua kali 30 menit.
  4. Apabila setelah ditunda sesuai butir 3 jumlah anggota senat yang hadir belum juga mencapai kuorum, maka sidang dapat dimulai dengan tidak lagi memperhitungkan kuorum.
  5. Setiap anggota senat memilki hak suara dan hak bicara yang sama.
  6. Tamu undangan resmi —selain anggota senat— yang diundang pada sidang senat memiliki hak bicara, tetapi tidak memiliki hak suara.
    1. Mahasiswa sejumlah 42 diundang pada saat penyampaian visi-misi. Mahasiswa memiliki hak untuk menanggapi presentasi.
    2. BPH UMS.
    3. Majelis Dikti Litbang PP.
  7. Pada tahap 1, proses pemilihan “11 orang bakal calon rektor” dan “6 orang bakal wakil rektor per bidang” dilakukan dengan metode satu orang memilih tiga nama melalui e-voting. Apabila memilih lebih atau kurang dari 3 maka suara dianggap tidak sah.
  8. Pada tahap 2, proses pemilihan dilakukan dengan metode scoring dengan aturan kandidat pilihan ke-1 mendapat skor 4, kandidat pilihan ke-2 mendapat skor 2, kandidar pilihan ke-3 mendapat skor 1 dan kandidat lainnya tidak mendapat skor.
  9. Pemilihan 3 calon wakil rektor dari 6 bakal calon wakil rektor per bidang dilaksanakan setelah rektor baru definitif.